Tekan Angka Lakalantas, Dandenpom IX/1 Kupang Gelar Safety Driving - JEJAK HUKUM INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 28 Februari 2020

Tekan Angka Lakalantas, Dandenpom IX/1 Kupang Gelar Safety Driving


Jejakhukumindonesia.com-KUPANG, Detasemen Polisi Militer IX/I Kupang,Letnan Kolonel CPM, Dwi Bangun Wahyu Jatmiko, S.H mengatakan bahwa kegiatan Safety Driving ini yang melibatkan Wadirlantas Polda NTT, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan NTT berupaya membuat konsep sinergi dalam hal ini untuk mensinergikan bagaimana membuat aman, nyaman khsusnya pelaksanaan yang dibuat konsep Safety Driving.

Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas yang merupakan wujud tanggung jawab kita bersama.

Safety Driving ini sebenarnya konsep untuk bagaimana memberikan informasi tentang bagaimana cara mengemudi yang aman dan nyaman.

Lewat kegiatan ini yang diutamakan adalah kualitas tentang bagaimana memberikan pemahaman yang baik tentang konsep Safety Driving melalui terori dan praktik.

Tahun 2020 baru dilaksanakan kali pertama di bulan Februari. Rencananya akan dibuat enam bulan sekali.

"Berangkat dari keselamatan diri sendiri dan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas serta budayakan keselamatan saat berkendara," pesan Dandenpom IX/I Kupang.

Wadir Lantas Polda NTT AKBP Rio Lasmana,  mengatakan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh dandenpom ini akan ditindaklanjuti yang kegiatannya adalah swadaya dari Dandenpom ini.

Kemungkinan di bulan 4 kita akan melaksanakan kegiatan safety Driving ini. di mana dandenpom saja bisa melaksanakan kegiatan ini sedangkan kita yang sudah ada program anggarannya masa tidak bisa melaksanakan lebih baik.

Rencananya akan dilaksanakan rapat sendiri di Badan Koordinasi lalu lintas akan dilaksanakan kegiatan safety Driving di bulan 4 atau bulan 6 mendatang yang lokasinya direncanakan di Hotel Aston.

kegiatan ini juga akan menggunakan dana Dipa dari dirlantas Polda NTT.

safety Driving ini sangat diperlukan karena mengingat di provinsi NTT kesadaran akan masalah keselamatan bagi pengendara ini memang masih sangat kecil sehingga angka Lakalantas sangat tinggi.

Semoga dengan acara safety Driving tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Kepala Cabang Jasa Raharja Provinsi NTT, Pahlevi B. S., mengaku sangat menyambut baik kegiatan safety Driving ini yang digelar oleh Dandenpom IX/Kupang.

Kegiatan ini sama dengan kegiatan kami walaupun beda nama tetapi tujuannya sama.

sesuai dengan tupoksi kami pelaksanaan undang-undang 33 dan 34 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan dan dana kecelakaan penumpang.

artinya kegiatan ini sangat sesuai dengan tugas pokok kami sehingga kami sangat mendukung kegiatan ini.

Diakui tingkat kecelakaan lalu lintas jalan fatalitas di NTT sangat tinggi.

Sehingga dengan adanya kegiatan ini kami sangat mendukung dan upaya upaya kampanye penyelamatan lalu lintas dan safety Driving perlu ditingkatkan dan sinergi antar instansi terkait.

Kami juga menyelenggarakan kampanye menunjang keselamatan lalu lintas dan safety Driving dengan memberikan bantuan alat-alat peraga keselamatan lalu lintas jalan.

Kegiatan yang paling penting adalah ada peningkatan mobilitas penduduk kami memberikan bantuan alat atau tes alkohol dengan tujuan agar para pengemudi yang mengendarai kendaraannya tidak mengkonsumsi alkohol. Artinya ada upaya pencegahan dan juga ada alat tes narkoba yang setiap tahun dilaksanakan. Tujuannya untuk menekan fatalitas kecelakaan di NTT.

Setiap instansi yang mengkampanyekan keselamatan lalu lintas atau safety driving ini perlu didukung tujuan bersama yaitu keselamatan lalu lintas dan kampanye safety riding dan saety Driving setiap tahun semakin meningkat dan ada efek positif dalam menekan angka fatalitas di NTT.

Kabid Perhubungan Provinsi NTT, Antonio F.,  mengatakan bahwa kegiatan Safety Driving ini merupakan suatu kegiatan yang sangat luar biasa.

Untuk kampanye keselamatan di jalan tidak  dapat bekerja sendiri melainkan bersinergi dengan semua stakeholder.

Berdasarkan instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2011 Yang intinya mengajak bersama menjaga keselamatan.

Terkait dengan kegiatan ini sudah menjurus pada Instruksi Presiden RI.

Dari sisi tupoksi Dinas Perhubungan Provinsi NTT setiap tahun menjalankan program yang tentunya bersinergi.

Salah satu program yang sudah bersinergi dengan PM (Polisi Militer) yaitu melaksanakan operasi di jalan.

Tahun 2019 yang lalu kami melaksanakan operasi penertiban di Oesapa yaitu trafel, Bus Angkutan dengan melibatkan Polisi Militer Jasa Raharja, aparat kepolisian. (HM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here